Cara Membuat Kue Carabikang Tradisional Enak

Cara Membuat Kue Carabikang Tradisional Enak – Carabikang adalah nama dari sajian kue tradisional. Kue carabikang ini juga merupakan jajanan tradisional yang biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional dan sering disajikan sebagai suguhan di berbagai acar. Dalam pengolahannya carabikang menggunakan bahan utama tepung beras yang dicampurkan dengan bahan lain seperti santan kelapa tepung terigu dan pewarna makanan. Sedangkan untuk proses penyajiannya carabikang ini melewati proses pemanggangan dalam cetakan (khusus) kue carabikang.

Kue carabikang ini termasuk pada jenis kue basah yang berarti tidak dapat bertahan lama seperti kue-kue kering yang mampu bertahan tanpa basi sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya. Jadi jika anda membuat kue carabikang ini lebih baik dibuat satu hari sebelum waktunya disuguhkan. Adapun cara pembuatannya dapat anda simak dalam resep membuat jajanan tradisional enak carabikang berikut ini.

Resep Membuat Jajanan Tradisional Enak Carabikang

Resep Carabikang

Bahan Biang

  • Santan kelapa 150 cc
  • Tepung beras 2 sdm

Bahan Utama

  • Tepung beras 350 gr
  • Gula pasir 150 gr
  • Tepung terigu protein sedang 50 gr
  • Santan kelapa 700 cc
  • Garam halus ¾ sdt
  • Pewarna hijau 4 tetes
  • Pewarna merah 4 tetes

Bahan Olesan

  • Santan kelapa 150 cc, rebus

Cara Praktis Membuat Jajanan Tradisional Enak Carabikang

  1. Diawal anda dapat mengolah bahan yang disiapkan untuk biang. Pengolahannya ialah dengan mencampurkan tepung beras dengan santan kemudian memasaknya sampai mendidih dan matan. Aduk secara terus menerus saat perebusan sedang berlangsung agar santan pada campuran bahan ini tidak pecah. Angkat.
  2. Kemudian ambil bahan-bahan seperti garam, tepung terigu, gula pasir, dan tepung beras lalu campurkan ke dalam rebusan biang yang sudah matang. Aduk kembali sampai merata. Gunakan spatula atau sendok kayu untuk memudahkan proses pengadukan campuran bahan ini dan biarkan campuran biang menjadi hangat.
  3. Selanjutnya, masukkan kembali ke dalam campuran biang bahan berupa santan kelapa lalu aduk merata dan kocok hingga 20 menit lamanya.
  4. Setelah pencampuran bahan biang selesai kemudian ambil adonan sebanyak 4 sdm dan tuangkan ke dalam wadah baru lalu campurkan dengan pewarna makanan (hijau). Aduk merata. Kemudian ambil kembali adonan sebanyak 4 sdm dan tuangkan ke dalam wadah lainnya dengan tambahan campuran pewarna makanan (merah). Aduk merata.
  5. Tahap selanjutnya, ambil cetakan carabikang dan letakan di atas kompor. Nyalakan api dan biarkan cetakan panas. Masukkan ke dalam cetakan bahan berupa parutan kelapa lalu aduk-aduk. Kemudian angkat parutan kelapa dan ganti dengan menuangkan adonan carabikang dari mulai yang tanpa pewarna sampai yang sudah tercampur pewarna.
  6. Setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan kemudian biarkan adonan matang. Supaya adonan carabikang mekar saat pemanggangan berlangsung, angkat bagian bawahnya dengan cara dicungkil pdibagian tengah dan bawahnya. Tunggu hingga adonan merekah dan matang lalu angkat.
  7. Ambil santan kelapa yang sudah disiapkan untuk bahan olesan lalu olesi kue carabikang yang baru matang dengan santan tersebut.

Jajanan tradisional kue carabikang sudah jadi dan siap untuk disajikan.

TAG

resep carabikang,resep kue carabikang,kue carabikang,Cara membuat carabikang,carabikang,cara membuat kue carabikang,Resep cara bikang,resep kue cara,resep kue cara bikang,cara bikang
Cara Membuat Kue Carabikang Tradisional Enak | Farid | 4.5