Resep Chicken Teriyaki Praktis dan Nikmat

Resep Chicken Teriyaki Praktis dan Nikmat – Jika Anda merupakan salah satu pencinta makanan Jepang, bisa jadi hidangan yang bernama Chicken Teriyaki ini masuk dalam salah satu daftar makanan Jepang favorit Anda. Teriyaki sendiri merupakan salah satu cara memasak a la Jepang yang dilakukan dengan cara menumis daging dengan sedikit minyak, lalu diberi bumbu khas Teriyaki berupa campuran sake, mirin, brown gusar atau gula coklat, kecap asin, dan jahe parut. Namun sebelum menumis ayam, Anda perlu membuat bumbu Teriyaki sebelumnya. Setelah matang, Anda dapat menyajikannya dengan nasi putih dan irisan daun bawang.

Di negara asalnya, bahan utama dalam Teriyaki adalah ikan, seperti ikan tongkol, salem, atau tenggiri. Namun, di luar negara Jepang, daging yang digunakan dapat berupa daging sapi, daging ayam, ataupun daging babi. Kali ini kami akan bagikan resep Teriyaki dengan menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan serta bagaimana cara mengolahnya, Anda dapat menyimak resep di bawah ini.

chicken-teriyaki2

Resep Chicken Teriyaki

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Chicken Teriyaki adalah sebagai berikut:

  • Fillet ayam sebanyak 450 gram, dapat menggunakan bagian dada ataupun paha
  • Madu sebanyak ¼ cangkir atau kurang lebih 60 ml
  • Kecap asin sebanyak ¾ cup atau sekitar 180 ml, pilih kecap asin yang bersodium rendah
  • Jahe parut sebanyak 1 ¼ sendok teh
  • Lada hitam bubuk sesuai selera
  • Minyak sayur sebanyak 4 sendok teh
  • Daun bawang berukuran sedang sejumlah 2 lembar

Langkah-langkah untuk membuat Chicken Teriyaki dapat Anda simak di bawah ini:

  1. Campur dan masak madu dan kecap asin di dalam panci berukuran kecil dengan pengaturan api sedang. Aduk-aduk hingga madu larut kurang lebih 5 menit.
  2. Tambahkan jahe parut, lalu kembali diaduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian matikan api dan sisihkan.
  3. Cuci bersih ayam. Jika menggunakan 2 bagian dada ayam, belah dua masing-masing dada ayam, hingga menjadi 4 bagian. Kemudian tumbuk dada ayam dengan mengunakan palu daging hingga mencapai ketebalan 1 cm. Sebelum ditumbuk, sebaiknya ayam diletakkan di atas talenan dan ditutupi dengan plastik wrap. Jika menggunakan paha ayam, tak perlu dipotong-potong dan ditumbuk.
  4. Lumuri masing-masing sisi ayam dengan lada hitam bubuk.
  5. Siapkan wajan datar dengan ukuran yang cukup besar, lalu tuang minyak sayur dan panaskan dengan menggunakan api besar. Masukkan ayam selapis demi selapis, jangan ditumpuk. Lalu diamkan kurang lebih 3 menit hingga berubah warna menjadi kecoklatan.
  6. Balik daging, lalu kembali masak sisi lainnya selama 3 menit lagi hingga daging menjadi kecoklatan dan matang sempurna.
  7. Ubah pengaturan api menjadi api sedang, lalu perlahan-lahan tuang saus Teriyaki yang telah disiapkan sebelumnya dan masak sekitar 3 menit sembari membolak-balik daging ayam sesekali agar terselimuti bumbu dengan rata.
  8. Angkat daging ayam dari wajan dan letakkan di atas talenan yang bersih. Lanjutkan memasak saus yang tersisa di wajan selama 3 menit hingga menyusut dan agak mengental.
  9. Iris daging ayam setebal 1 cm atau sesuai selera Anda. Lalu tata dalam piring saji.
  10. Bubuhi bagian atasnya dengan saus Teriyaki dan tabur dengan daun bawang yang telah diiris sebelumnya.

Resep asli saus Teriyaki sebenarnya menggunakan sake dan mirin yang mengandung alkohol. Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah pemeluk agama Islam, maka resep Chicken Teriyaki yang kami bagikan ini tidak ditambahkan sake dan mirin seperti resep aslinya. Madu ditambahkan ke dalam resep di atas sebagai ganti sake dan mirin. Namun, Anda dapat menambahkan sendiri sake dan mirin jika suka, sesuai dengan selera Anda. Untuk menambah kelezatannya, Anda dapat menambahkan parutan bawang putih sesuai selera sebagai salah satu bahan saus Teriyaki.

TAG

cara masak diletakkan ayam
Resep Chicken Teriyaki Praktis dan Nikmat | Rizki Nur Amalia | 4.5