Resep Kerak Telor Betawi Spesial Enak Khas Betawi

Resep Kerak Telor Betawi Spesial Enak Khas Betawi – Kerak telor tentu saja menjadi makanan yang istimewa dan menggugah selera dan biasa dijadikan sebagai cemilan. Kerak telor yang merupakan makanan khas jakarta kerap kali hadir di berbagai acara atau festival di Ibukota. Namun pedagang kerak telor juga biasa mangkal di berbagai pasar tradisional ataupun sekolah. Sama seperti makanan khas lainya, akan sangat sulit jika kita ingin menyantap makanan ini diluar daerah jakarta. Jadi mengapa kita tidak membuatnya sendiri di rumah?

Kali ini admin menghadirkan resep kerak telor betawi spesial enak khas betawi yang bisa anda praktikkan di rumah. Step by step pembuatanya juga benar-benar bisa anda ikuti. Resep ini bisa jadi resep andalan bagi anda yang ingin mencicipi atau menikmati cemilan khas jakarta. Sajikan kerak telur selagi hangat dan selamat mencoba.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Beras ketan putih sebanyak 100 gram
  • Air bersih sebanyak 250 ml
  • Kelapa parut sebanyak 100 gram, sangrai untuk bahan taburan
  • Ebi udang sebanyak 15 gram, cuci bersih, sangrai lalu haluskan
  • Telur bebek sebanyak 5 butir
  • Bawang merah goreng sebanyak 30 gram
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu haluskan :

  • Cabai merah keriting sebanyak 4 buah
  • Merica butiran sebanyak ½ sdt
  • Kencur sebanyak 3 cm
  • Jahe sebanyak 1 cm

Cara membuat :

  1. Langkah awal, kita olah dahulu beras ketan yang akan kita olah menjadi kerak telur. Masukkan beras ketan ke dalam wadah bersih kemudian cuci dengan menggunakan air. Cuci sebanyak 3 kali kemudian tiriskan. Ambil kembali air bersih kemudian tuangkan air hingga beras ketan terendam. Biarkan beras ketan tersebut kita rendam setidaknya selama semalam penuh. Gunanya untuk membuka pori-pori yang ada di permukaan beras sehingga beras bisa lebih mudah dan lembut untuk kita olah nantinya.
  2. Ambil wajan berukuran kecil kemudian tuangkan sedikit minyak ke dalamnya sekitar 2-3 sdm. Panaskan dengan api sedang sampai minyak panas.
  3. Masukan bumbu halus yang sudah kita persiapkan sebelumnya kemudian masukan ke dalam minyak panas. Aduk-aduk hingga rata sampai bumbu harum dan matang.
  4. Ambil beras ketan putih yang sudah kita rendam sebanyak 1 ½ sdm ke dalam tumisan bumbu. Pastikan bahwa anda hanya memasukan beras ketan saja, tidak perlu memasukan airnya juga. Kemudian aduk-aduk hingga rata.
  5. Tambahkan 3 sdm air rendaman beras tadi dan aduk-aduk kemudian masak terus hingga beras ketan cukup empuk dan air yang ada di wajan menjadi kering.
  6. Sambil menunggu beras ketan kering dan matang, ambil wadah kecil kemudian masukan bahan-bahan berupa telur bebek, ebi, bawang merah goreng, gula pasir serta garam halus. Kocok dan aduk-aduk semua bahan sampai benar-benar menyatu antara satu dan yang lainya.
  7. Jika beras ketan sudah kering, tuangkan kocokan telur dan bumbu tadi ke dalam wajan kemudian aduk-aduk kembali bahan-bahan di wajan tadi sampai tercampur dengan rata. Gunakan sutil saja untuk memudahkan anda melakukan hal ini. Lebarkan adonan dengan menggiringnya ke pinggir wajan hingga adonan menjadi cukup tipis. Masak dengan api sedang sampai tidak terlihat lagi adonan telur yang basah. Balik wajan sehingga adonan menyentuh api secara langsung untuk memastikan kerak telur benar-benar kering. Jika sudah matang angkat dan letakan dalam piring. Beri tambahan kelapa sangrai serta bawang goreng, kerak telur siap untuk dinikmati.

Sebaiknya anda menggunakan telur bebek dibandingkan dengan telur ayam. Selain karena ukurannya yang lebih besar, telur bebek juga mempunyai rasa yang lebih gurih serta kandungan gizi yang lebih tinggi di bandingkan telur ayam. Akan lebih baik jika anda menggunakan telur bebek omega yang memiliki kuning telur berwarna jingga. Aroma dari telur bebek sendiri sungguh sangat lezat dan memang lebih cocok dijadikan sebagai bahan baku kerak telor.

TAG

yhsm-yahoologo
Loading...
Resep Kerak Telor Betawi Spesial Enak Khas Betawi | resepcaramasak.org | 4.5