Resep Klepon Tepung Beras Tradisional Enak dan Nikmat

resepcaramasak.org – Kue klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di Sumatera dan di Malaysia, klepon disebut “onde-onde”, sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut Onde-onde adalah bebola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan. (sumber : id.wikipedia.org)

Kue Klepon juga menjadi menu andalan pada Bulan Puasa (Ramadhan). Bagaimana, penasaran untuk mencoba? Berikut Resep Klepon Tepung Beras Tradisional Enak dan Nikmat:

Bahan bahan:

  • 50 gr tepung beras
  • 250 gr tepung ketan halus
  • 2 sdm pasta hijau (pewarna hijau)
  • 200 gr gula merah, iris tipis
  • 1 lembar daun pandan, buat simpul
  • 100 gr kelapa parut
  • 200 ml air bersih
  • 2 sdt air larutan kapur sirih
  • ½ sdt garam

Cara membuat klepon tepung beras tradisional:

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan. Masukkan tepung beras dan tepung ketan. Aduk rata. Setelah itu, masukkan pasta pandan dan air kapur sirih, kemudian aduk rata.
  2. Masukkan air matang sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan dirasa cukup lentur untuk dibentuk.
  3. Jika adonan sudah cukup lentur, bulatkan sesuai ukuran selera masing masing, lalu pipihkan dan masukkan irisan gula merah secukupnya. Bulatkan kembali. Lakukan proses ini hingga semua adonan sudah dibentuk.
  4. Panaskan air untuk merebus adonan klepon yang sudah dibentuk tadi dengan api sedang. Tunggu sampai adonan mengapung. Tiriskan
  5. Siapkan kukusan. Sementara itu ambil wadah berukuran sedang dan masukkan parutan kelapa, garam, dan daun pandan. Kukus sebentar
  6. Kemudian, ambil kue klepon yang sudah direbus dan gulingkan ke dalam parutan kelapa tadi secara satu per satu.
  7. Kue Klepon Isi Gula Merah siap dihidangkan.

Cukup mudah bukan? Kue klepon sangat nikmat disajikan dengan secangkir teh atau kopi. Selamat mencoba!!

Loading...
Resep Klepon Tepung Beras Tradisional Enak dan Nikmat | resepcaramasak.org | 4.5