window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-110454556-4'); Resep Kolak Candil Ubi Ungu - Resep Cara Masak

Resep Kolak Candil Ubi Ungu

Ceritanya ini resep aku pake pas bulan puasa. Mudah banget cara buatnya, bahan bahannya juga mudah ditemukan kok. Mumpung persediaan ubi ungu aku masih ada, jadinya aku bikin candil aja deh. Ubi ungu ini bisa dikreasikan dengan banyak menu ya, ada ubi ungu goreng, bola ubi ungu, donat ubi ungu, kue ubi ungu. Macem macem deh!

Terus kalau rasa candil ubi ungu ini gimana? Legit, manis, dan aku ga pake santan, tapi pake fiber crème. Ubi ungu lebih manis dari pada ubi jalar. Malah warnanya ungu pekat kalau direbus warnanya agak biru.

Buat kalian yang takut kolesterol naik, cocok banget buat ini. Karna fiber crème ini bisa menggantikan rasa santan loh! High fiber/tinggi serat, rendah gula juga. Langsung aja yuk kita buat.. ini resep all in one ya, jadi untuk kuah candil tidak dimasak terpisah.

Kolak Candil Ubi Ungu

Resep Kolak Candil Ubi Ungu

6 porsi

 

Candil

150gr ubi ungu

15gr fiber creme

20gr gula

1/4sdt garam

100gr tepung tapioka

35ml air (sesuaikan ya)

 

Rebusan Candil

air

gula sesuai selera

garam

Daun pandan

 

Kuah Kolak

500ml air

60gr fiber creme

85gr gula merah

1/4sdt garam

Jahe secukupnya digeprek ya (kalau aku aga banyak karna anget di tenggorokan)

1 lembar daun pandan

 

3 pisang (dipotong” sesuai selera, pisangnya kalau bisa pisak kapok ya)

 

Caranya:

  1. Siapkan kukusan untuk mengukus ubi. Kupas ubi, cuci bersih dan potong kecil”. Kukus ubi sampai empuk.
  2. Setelah itu, hancurkan ubi, lalu campur semua bahan candil lainnya sampai tercampur rata kecuali air, air masukkan sedikit sedikit yaa sampai adonan cukup kalis / sampai adonan bisa dibuat bola bola tanpa crack, kalau kurang air tambahin aja yak arna tergantung dari ubinya.
  3. Bulat bulatkan adonan candil sampai habis, disamping itu buat rebusan candil, ketika rebusan candil mendidih masukkan adonan candil satu persatu. Candil yang matang akan mengapung.
  4. Sambil menunggu candil matang masukkan semua bahan kuah kolak satu persatu sampai mendidih, jangan lupa sambal diaduk perlahan terus ya. Ketika mendidih masukkan potongan pisang.
  5. Ketika pisang sudah cukup empuk, matikan api
  6. Sajikan dan nikmati selagi hangat

 

Enak banget loh! Kalian harus coba ya.. anget anget gimana gitu karna ada jahenya. Ini juga bisa jadi snack di rumah untuk orangtua kalian.

Loading...
Resep Kolak Candil Ubi Ungu | resepcaramasak.org | 4.5