Resep Membuat Kering Tempe Cabai Hijau Enak dan Praktis

Resep Membuat Kering Tempe Cabai Hijau Enak dan Praktis – Tempe memiliki kandungan gizi yang luar biasa, selain itu pula tempe sudah tidak diragukan lagi eksistensinya.  Tidak hanya rasanya yang memang nikmat juga karena harganya yang tidak begitu mahal sehingga bisa menjadi alternatif makanan bergizi untuk keluarga tercinta di rumah. Namun ternyata banyak juga dari kita yang kerap kali kehabisan ide dalam mengolah makanan berbahan dasar kedelai ini. Karena itu kami sudah menghadirkan olahan tempe yang tidak hanya enak namun juga praktis.

Kali ini kami merangkum resep membuat kering tempe cabai hijau enak dan praktis yang bisa anda coba di rumah.  Penambahan cabai hijau tidak hanya memberikan sensasi pedas tetapi juga lebih menggugah selera. Sajikan tempe kering ini dengan se-porsi nasi putih hangat serta sayuran.  Segera catat dan coba resep yang benar-benar praktis ini di dapur anda ya!!

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tempe sebanyak 300 gram
  • Bawang merah goreng sebanyak 1 sdm
  • Cabai hijau besar sebanyak 2 buah, iris serong tipis lalu goreng
  • Air asam jawa sebanyak, 1 sdm
  • Air bersih sebanyak 25 ml
  • Minyak goreng sebanyak  1 sdm
  • Garam Halus sebanyak ¾ sdt atau secukupnya
  • Merica Bubuk sebanyak ¼ sdt atau secukupnya
  • Gula pasir sebanyak 25 gram atau secukupnya

Bumbu halus :

  • Cabai merah keriting sebanyak 4 buah
  • Bawang merah sebanyak 4 butir
  • Bawang putih sebanyak 2 siung

Cara Membuat :

  1. Mula-mula kita olah terlebih dahulu tempe nya. Ambil tempe kemudian potong-potong sesuai selera, anda bisa memotongnya dengan ukuran yang besar atau memotongnya dalam ukuran yang kecil.  Jika memotong dalam ukuran besar tempe akan basah dan lebih menyerap bumbu namun kalau tempe dipotong dalam ukuran kecil tempe akan lebih garing dan tentu saja praktis ketika di santap.
  2. Siapkan wajan bersih dan tuangkan minyak secukupnya. Jerang di atas kompor dan pergunakan saja api sedang, biarkan sampai minyak goreng benar-benar panas. Jika sudah panas, masukan potongan tempe kemudian goreng tempe hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika tempe sudah matang, angkat dan tiriskan hingga minyaknya berkurang.
  3. Kurangi jumlah minyak yang ada di dalam wajan, sisakan sedikit saja sekitar 3-4 sdm kemudian panaskan kembali dengan api sedang sampai minyak panas.
  4. Masukkan bumbu halus yang sudah kita giling ke dalam minyak panas. Aduk-aduk menggunakan spatula (sendok penggorengan) dan biarkan hingga bumbu matang dan harum.
  5. Masukan bumbu-bumbu pemberi rasa yaitu garam halus, gula pasir serta sedikit air. Aduk-aduk sampai bumbu bercampur rata.
  6. Tuangkan juga air asal jawa ke dalam tumisan bumbu kemudian cicipi rasanya agar pas di lidah anda. Masak hingga bumbu-bumbu mendidih dan sudah cukup mengental.
  7. Masukan potongan tempe yang sudah kita goreng sebelumnya ke dalam tumisan bumbu. Kecilkan api kemudian masak perlahan sambil diaduk hingga bumbu menempel ada setiap potongan tempe goreng.
  8. Sesaat sebelum diangkat masukan irisan cabai hijau serta bawang merah goreng. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.  Matikan api dan tempe kering cabai hijau siap untuk disajikan.

Tempe yang kita olah ini sebaiknya tempe segar yang tingkat kematangan jamurnya pas.  Jika tempe masih sangat baru akan mudah hancur karena ikatan jamur pada kedelai belum terbentuk dengan sempurna. Lain hal nya dengan tempe yang sudah lama, akan lebih basah dan mengeluarkan aroma yang kurang sedap.  Tidak hanya itu, tempe yang lama juga akan memiliki rasa pahit yang akan teras sewaktu kita memakanya. Bagaimana cara mengetahui tempe yang baik dan segar ? silahkan baca artikel : Tips Cara Mengetahui Tempe yang Baik dan Segar

Loading...
Resep Membuat Kering Tempe Cabai Hijau Enak dan Praktis | resepcaramasak.org | 4.5