Cara Membuat Pizza Mini Sederhana Mudah

Cara Membuat Pizza Mini Sederhana Mudah – Pizza sangat populer di kota-kota besar di Indonesia dan dikenal sebagai makanan yang cukup mahal yang dijual di restoran terkenal. Meskipun berasal dari luar negeri, sebenarnya kita dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Untuk saus pizza, kita dapat gunakan saus bolognese dan saus botolan yang mudah didapatkan di mini market terdekat di lingkungan tempat tinggal Anda.

Kali ini, kami ingin membagikan resep pizza praktis dan hemat. Ukurannya kami buat lebih kecil hingga hasilnya menjadi lebih banyak dan dapat dinikmati secara personal. Cara membuatnya cukup mudah dan tidak begitu sulit. Karena, adonan pizza tidak perlu diuleni hingga benar-benar kalis. Selain itu, untuk sausnya juga menggunakan saus instan, jadi tak perlu repot-repot memasak lagi untuk membuat sausnya. Topping-nya pun cukup dengan memakai sosis, bawang bombay, dan keju cheddar. Meskipun menggunakan bahan-bahan sederhana, namun pizza ini tetap terasa lezat dan nikmat. Crust-nya terasa renyah di bagian luarnya, namun di bagian dalamnya terasa empuk. Jika ingin berkreasi dengan bentuk lain, Anda dapat berkreasi dengan cara membentuk adonan pizza menjadi menyerupai bunga atau cukup dibentuk menjadi pizza gulung.

photo

Cara Membuat Pizza Mini

Untuk membuat pizza ini, Anda memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Tepung terigu sebanyak 180 gram, pilih tepung berprotein sedang
  • Garam sebanyak ½ sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan atau sekitar 30 gram
  • Ragi intan sebanyak 1 sendok teh
  • Air sebanyak 150, gunakan air bersuhu hangat
  • Minyak sayur sebanyak 2 sendok makan atau sekitar 24 gram
  • Bawang bombay sejumlah 1 butir
  • Sosis sesuai selera, resep ini menggunakan 4 buah
  • Saus bolognese instan secukupnya
  • Saus sambal botolan secukupnya
  • Keju sesuai selera, dapat menggunakan keju mozzarella, keju cheddar quick melt, atau cheddar biasa (jika ingin murah meriah, gunakan keju cheddar biasa)
  • Oregano secukupnya, dapat menggunakan oregano bubuk atau oregano kering

Berikut cara pembuatan pizza mulai dari membuat crust, menata topping, hingga proses pematangannya:

  1. Campur tepung terigu dan garam dalam suatu wadah dan aduk rata. Kemudian, tambahkan bahan lain seperti gula pasir, ragi instan, air, dan minyak sayur. Aduk hingga semua bahan rata dan kalis, namun tak perlu sampai kalis elastis.
  2. Fermentasikan adonan pizza hingga mengembang selama kurang lebih 60 menit di suhu ruang. Saat proses fermentasi, sebaiknya tutup adonan pizza dengan serbet yang lembab.
  3. Setelah mengembang, kempeskan adonan, kemudian simpan terlebih dahulu di dalam lemari es selama 1 atau 2 jam sebelum dilakukan proses selanjutnya.
  4. Ambil adonan, jika terlihat mengembang lagi, kempiskan. Lalu adonan dibagi menjadi 6 bagian. Jika ingin lebih mini lagi, adonan dapat dibagi menjadi 8 bagian.
  5. Bulatkan adonan, kemudian dipipihkan dengan rolling pin atau botol bekas yang bersih dan berpermukaan mulus. Setelah pipih, gunakan garpu untuk menusuk adonan agar saat dipanggang, adonan dapat mengembang dengan baik.
  6. Panaskan oven sembari memberikan saus dan topping pizza. Beri saus bolognese dan saus sambal ke atas adonan pizza, lalu ratakan ke seluruh permukaan adonan.
  7. Iris bawang bombay dan potong-potong sosis, lalu tata pada permukaan adonan pizza.
  8. Taburkan oregano bubuk, kemudian tambahkan keju yang telah diparut sebelumnya.
  9. Panggang dengan menggunakan suhu 170 derajat celcius selama 30-40 menit.
  10. Setelah matang, pizza siap dihidangkan.

Selain dibentuk menjadi pizza biasa, Anda dapat berkreasi dengan membuat pizza yang digulung atau dibentuk menyerupai bunga. Untuk membuat pizza gulung, adonan pizza perlu digilas tipis, kemudian diberi saus dan topping. Kemudian digulung dan dipotong dengan ukuran 2 cm dan taburi keju parut di atasnya. Untuk membuat pizza berbentuk bunga, ambil sedikit adonan (kurang lebih 50-60 gram). Kemudian gilas tipis, letakkan sosis, lalu gulung adonan dengan sosis di dalamnya. Potong-potong adonan 2 cm, namun usahakan agar tidak sampai terputus. Lalu dibentuk menjadi menyerupai bunga. Kemudian, beri topping dan panggang hingga matang. Cukup mudah membuat pizza di rumah, bukan? Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

TAG

resep pizza mini,resep membuat pizza mini,cara buat pizza mini,cara bikin pizza mini,pizza mini,cara membuat roti pizza mini,cara membuat pizza mini sendiri,resep piza mini,Resep pizza mini praktis,cara membuat mini piza
Cara Membuat Pizza Mini Sederhana Mudah | Rizki Nur Amalia | 4.5