window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-110454556-4'); Resep Hainan Bread dan Cara Membuat Roti dengan Metode Poolish - Resep Cara Masak

Resep Hainan Bread dan Cara Membuat Roti dengan Metode Poolish

Roti menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Tak heran jika kamu sering mendengar atau melihat penjual roti di daerah rumahmu. Taukah kamu roti memilki beberapa metode dalam pembuatannya? Saya akan perkenalkan salah satu metode pembuatan roti yang dinamakan metode poolish.

Poolish adalah biang/starter yang difermentasi sebelum dicampur dengan adonan roti. Poolish terdiri dari mencampurkan air, tepung dan ragi lalu difermentasi.

Metode ini memang berbeda dari cara pembuatan roti pada umumnya, tapi dari segi rasa cukup enak. Menurut saya, yang membedakan pembuatan roti dengan metode poolish adalah dari rasanya. Saya merasa roti dengan metode polish lebih gurih karena adonan roti diberikan olesan air garam sebelum dipanggang. Saya sering menggunakan resep ini karna less sugar, low fat, eggless. Yuk langsung kita bedah.

roti poolish kopitiam

HAINAN BREAD/KOPITIAM
Resep dari @icenguik
Loyang: 20x10x10cm

Poolish
70gr terigu protein tinggi
70gr air
0,4gr/secubit ujung jari kecil ragi instan

Adonan Roti
200gr terigu protein tinggi
15gr susu bubuk (boleh skip)
20gr gula pasir
2gr ragi instan
92gr air + es
5gr garam
8gr shortening/mentega putih

Caranya:

  1. Siapkan bahan untuk poolish. Masukkan semua bahan poolish ke dalam wadah yang tertutup. Saya menyarankan menggunakan toples. Lalu taruh disuhu ruangan 10-12 jam.
  2. Setelah 12 jam adonan poolish akan sedikit mengembang, lengket dan elastis.
  3. Diwadah lain masukkan tepung (jangan lupa diayak), susu bubuk, gula dan ragi. Aduk rata.
  4. Masukkan air, es dan poolish ke dalam wadah yang berisi tepung. Karna saya menggunakan standing mixer, saya mix dengan kecepatan sedang.
  5. Ketika adonan sudah tercampur rata masukkan garam dan shortening ke dalam adonan. Mix dengan kecepatan tinggi sampai adonan kalis elastis dan lakukan windowpane test.
  6. Siapkan wadah untuk menaruh adonan, jangan lupa olesi wadah dengan mentega terlebih dahulu agar tidak lengket. Masukkan adonan yang sudah kalis ke dalam wadah yang sudah diolesi mentega. Tutup wadah menggunakan kain atau plastic wrap agar permukaan adonan tidak kering. Fermentasi/istirahatkan adonan 1jam.
  7. Setelah 1 jam siapkan alas untuk shapping, penggiling adonan dan tepung (untuk membentuk adonan). Tabur alas dengan tepung agar tidak lengket. Kempiskan adonan lalu giling adonan dialas yang sudah diberikan tepung. Giling adonan agar udara di dalam adonan keluar. Gulung adonan lalu pipihkan kembali dan gulung kembali sesuai ukuran dari loyang cetakan. Jika di step ini adonan agak lengket ditangan bisa tambahkan tepung agar tidak lengket.
  8. Siapkan loyang 20x10x10 yang telah dilapisi oleh mentega. Taruk adonan di dalam Loyang lalu tutup menggunakan kain. Di sini adalah fermentasi atau proofing kedua. Membutuhkan waktu 1-1,5jam tergantung dari suhu ruangan.
  9. Setelah adonan mengembang, sebelum adonan masuk ke dalam oven, panaskan oven diapi 190c dengan api atas bawah.
  10. Olesi atas adonan dengan air garam tipis saja.
  11. Panggang adonan di rak bawah selama 25 menit. (Waktu dan suhu ini bisa berbeda disetiap oven jadi jangan ditinggal ya agar tidak gosong).
  12. Setelah roti matang keluarkan roti dari cetakan, taruh ditempat yang datar. Roti bisa dipotong ketika sudah dingin ya, kalau masih panas akan susah dipotong karna roti masih empuk dan terlalu ringkih, mudah penyok.
  13. Selamat mencoba 😊
Loading...
Resep Hainan Bread dan Cara Membuat Roti dengan Metode Poolish | resepcaramasak.org | 4.5