Resep Membuat Kimchi Korea Nikmat dan Sederhana

Resep Membuat Kimchi Korea Nikmat dan Sederhana– Bukan hanya Indonesia saja, negara lain seperti Korea juga memiliki satu sajian kuliner tradisional. Kuliner ini bernama kimchi, yaitu masakan yang terbuat dari sayuran sawi putih yang difermentasi dengan cara dicampurkan dengan pasta kimchi yang tebuat dari campuran tepung beras, cabe, kecap, dan lain-lain. Proses fermentasi ini dapat berlangsung selama 2 hari atau lebih dan ketika fermentasinya sudah selesai baru bisa dikonsumsi. Selain sawi putih, bahan sayuran lain yang juga dipadukan dalam pembuatan masakan tradisional khas korea ini adalah berupa wortel dan lobak. Hasilnya adalah sajian kimchi dengan rasa asam manis pedas nikmat. Jika anda ingin mencoba membuatnya tetapi belum tau resep dan cara penyajiannya, anda dapat mengikuti beberapa tahapannya seperti tertera pada resep mambuat kimchi korea nikmat berikut ini.

Resep Membuat Kimchi Korea Nikmat

Kimchi

Bahan Utama

  • Sawi putih 3 buah
  • Wortel 3 buah, potong kecil-kecil
  • Lobak 1 buah, kupas lalu potong kecil
  • Daun bawang 7 tangkai, potong kecil
  • Garam dapur 250 gr

Pasta Kimchi

  • Tepung beras 65 gr
  • Air putih 750 ml
  • Cabe bubuk 300 gr
  • Kecap ikan atau saus 250 ml
  • Gula pasir 125 gr
  • Bawang bombay besar 1 butir, iris halus
  • Bawang putih 70 gr, ulek halus
  • Jahe 1 sdm, iris halus

Langkah Membuat Sajian Kimchi Kuliner Khas Korea Nikmat

  1. Bersihkan sawi dengan cara mencucinya, tiriskan.
  2. Taburi setiap helai sawi yang sudah dicuci bersih dengan secukupnya garam sampai merata. Sedangkan untuk bagian dangkal atau pangkal sawinya diberi taburan garam yang cukup banyak.
  3. Sediakan wadah berukuran besar dan simpan sawi yang telah ditaburi garam tadi pada wadah tersebut. Gunakan wadah yang terbuat dari bahan yang tidak bereaksi terhadap garam seperti baskom plastik dan lain sebagainya. Diamkan sawi dalam wadahnya hingga 2 jam lamanya.
  4. Secara berangsur sawi yang ditaburi garam dan didiamkan tersebut akan mulai berair serta fisik sawinya pun akan lebih menciut dan beda dari sebelumnya. Jika sudah seperti itu maka kimchi telah setengah jadi.
  5. Ambil sawi yang sudah didiamkan 2 jam lamanya dalam wadah lalu siram dengan air mengalir sampai bersih sampai taburan garam yang masih menempel terbawa air. Sisihkan.
  6. Berikutnya membuat pasta kimci dengan cara melarutkan tepung beras dalam air, aduk merata hingga menjadi adonan kental.
  7. Masak adonan pasta kimchi sampai mendidih lalu beri tambahan gula pasir. Aduk merata sampai larut. Angkat dan diamkan sampai dingin.
  8. Tuanga hasil masakan adonan pasta kimchi yang telah dingin ke dalam wadah baskom, kemudian campurkan dengan cabe bubuk dan aduk merata. Gunakan spatula saat pengadukan dan jangan menggunakan tangan agar tidak terasa terbakar nantinya. Setelah itu tambahkan kembali adonannya dengan bawang putih, bawang bombay, jahe dan kecap ikan. Aduk merata.
  9. Ambil potongan wortel, lobak dan bawang daun lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk lagi sampai merata.
  10. Lapisi tangan dengan sarung plastik lalu lumuri setiap lembar sawi dengan pasta kimchi sampai merata.
  11. Simpan sawi yang telah diberi lumuran pasta kimchi ke dalam toples berukuran besar dan tutup. Diamkan hingga 2 hari lamanya. Ini adalah tahap fermentasi untuk menghasilkan kuliner kimchi ala korea.
  12. Setelah menunggu 2 hari lamanya baru kimchinya siap disantap.

Agar proses fermentasi kimchi berhasil, pastikan untuk tidak membuka tutup toples saat proses fermentasi sedang berlangsung. Sekian resep kimchi ala koreanya, silahkan dicoba dan semoga berhasil.

TAG

gambar kimchi,cara membuat kimchi spesial
Loading...
Resep Membuat Kimchi Korea Nikmat dan Sederhana | resepcaramasak.org | 4.5