Tutorial Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Laptop

By | November 2, 2021

Ingin mengembalikan file yang sudah dihapus di laptop? Terkadang kita tidak sengaja menghapus file atau folder di laptop. Padahal kita tahu bahwa file atau folder tersebut seharusnya tidak dihapus karena merupakan data penting. Namun karena sudah terlanjur, pasti kamu akan frustasi. Apalagi jika kamu tidak memiliki data cadangan. Lalu apakah bisa mengembalikan folder maupun file yang sudah terhapus tersebut?

 

Begini Cara untuk Bisa Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Laptop

Jika kamu tidak sengaja menghapus file di laptop, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan filemu. Cara ini bisa membantumu mendapatkan file yang kamu inginkan. Jadi kamu tidak perlu pusing lagi karena file yang sangat penting tersebut sudah bisa kamu miliki kembali.

 

1. Melalui Recycle Bin

 

Tutorial Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Laptop

Cara mengembalikan file yang sudah dihapus di laptop bisa melalui Recycle Bin. Ini adalah sebuah tempat atau wadah di mana berbagai file yang kamu hapus berada d sini. Jadi ketika kamu menghapus filemu, maka sebenarnya filemu tersebut tidak benar-benar hilang melainkan berada di Recycle Bin.

Butuh waktu 30 hari sampai Recycle Bin benar-benar akan menghapus file atau menghapusnya secara permanen. Kamu bisa menemukan ikon Recycle Bin pada tampilan dekstor OS Windows. kamu tinggal buka Recycle Bin, pilih file yang akan kamu kembalikan dengan klik kanan dan pilih Restore. sekarang file tersebut akan kembali ke folder awal sebelum kamu menghapusnya.

2. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

 

Tutorial Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Laptop

Tidak semua file yang kamu hapus langsung berada di Recycle Bin. Beberapa file malah tidak kamu temukan di sana sehingga kamu harus mencari solusi yang lain. Kamu bisa mengembalikan filemu dengan menggunakan fitur bernama Restore Previous Versions. Ini adalah sebuah fitur yang jika diperhatikan hampir sama dengan sistem backup. Cara menggunakannya yaitu:

• Masuk ke Start
• Buka folder yang sebelumnya berisi file yang kamu hapus. Atau bisa membuka lokasi di mana kamu menghapus folder
• Klik kanan di folder tersebut
• Klik Restore Previous Versions
• Klik Open pada kumpulan file maupun folder yang sebelumnya tersedia
• Klik Restore pada folder maupun file yang kamu pulihkan
• Selesai

 

 

3. Melalui CMD

 

Tutorial Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Laptop

Mengembalikan file yang sudah dihapus di laptop juga bisa melalui CMD. Command Prompt memang sebuah software yang di dalamnya memuat banyak sekali perintah yang bisa kamu ketikkan. Salah satunya adalah perintah untuk mengembalikan file yang terhapus. Langkah-langkah mengembalikan file melalui CMD juga tidak sulit.

• Buka CMD. Kamu bisa menggunakan tombol CTRL + F dalam waktu bersamaan
• Setelah masuk ke CMD, silakan memasukkan perintah chkdsk X: /f. Di sini kamu perlu mengganti X tersebut dengan nama drive di mana file atau folder tersebut terhapus
• Langkah berikutnya, masukkan perintah ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. sama seperti sebelumnya, kamu harus mengganti huruf X sesuai nama drive di mana folder maupun file sebelum terhapus
• Sekarang proses pengembalian file akan berlangsung. Selama proses ini, kamu cukup menunggunya dan jangan melakukan aktivitas seperti memindah, menyimpan, menghapus, dan lain-lain.

 

4. Melalui File History

 

Tutorial Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Laptop

Cara selanjutnya untuk bisa mengembalikan filemu adalah melalui File History. Akan tetapi, fitur ini hanya bisa digunakan jika laptop yang kamu pakai sekarang menggunakan sistem operasi Windows 10. Fitur ini menggantikan fitur Backup and Restore yang sebelumnya ada di Windows 7 serta Windows 8.

Selain itu, kamu juga harus melakukan backup terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan cara yang keempat ini. itu artinya, mengembalikan file melalui File History bisa melindungi serta mencegah agar filemu tidak hilang.

• Masuk ke menu Settings
• Pilih Update & Security
• Klik Backup
• Pilih Add a Drive
• Setelah itu, klik pada Add a Drive tersebut dan kamu akan melihat daftar partisi harddisk yang akan kamu gunakan untuk menyimpan file backup
• Klik sesuai partisi yang kamu inginkan
Sebagai catatan, kamu tidak dapat meletakkan backup pada partisi ayng sama. Jadi ketika laptopmu mempunyai satu partisi, solusinya adalah dengan harddisk eksternal.
• Ketika ingin melakukan backup secara berkala, klik tombol yang ada di bawah teks Automatically Backup My Files
• Jika kamu hendak mengembalikan backup tersebut, masuk ke menu Search dan ketik File History
• Tinggal klik Restore yang berwarna hijau di bawah Windows

 

 

5. Menggunakan Aplikasi Recuva

 

Tutorial Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Laptop

Mengembalikan file yang sudah dihapus di laptop juga bisa dengan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut bernama Recuva yang memang memiliki kemampuan mengembalikan file yang sudah terhapus. Kamu bisa menggunakannya sesaat setelah menginstallnya karena aplikasi ini bersifat gratis. Cara menggunakannya pun juga mudah. Tinggal pilih drive tempat file atau folder tersebut terhapus. Kemudian tunggu sampai aplikasi ini mengembalikan file atau folder yang kamu inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *