Mengubah Sampah Menjadi Uang dengan Aplikasi e-Recycle

By | November 6, 2021

aplikasi e-recycle ubah sampah jadi donasi

Saat ini limbah sampah bisa kita temukan di mana-mana. Berbagai cara sudah dilakukan untuk mensosialisasikan betapa pentingnya membuang sampah di tempatnya. Selain itu, untuk mengurangi limbah sampah, masyarakat perlu menyadari bahwa mereka tidak boleh sembarangan membuang sampah. Jika ternyata masih bisa digunakan, maka sebaiknya dimanfaatkan kembali.

Berkat kecanggihan teknologi, sekarang membuang sampah bukan menjadi pekerjaan yang melelahkan. Bahkan aktivitas membuang sampah malah menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan mampu menghasilkan uang. Siapa yang mengira melalui aktivitas yang sederhana ini kamu bisa menambah penghasilanmu.

Seperti yang kita tahu bahwa ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang menyebabkan sampah semakin menumpuk. Setiap hari ada berton-ton sampah masuk sehingga kondisi semakin memprihatinkan. Sampah yang seharusnya dilempar atau dibuang ke tempatnya malah dibuang ke tempat-tempat seperti sungai, kaki gunung, atau bahkan pinggir jalan. Jumlahnya yang semakin banyak pun kemudian menjadi salah satu masalah besar yang harus dihadapi oleh negeri tercinta ini.

Problem sampah tersebut telah banyak dibenahi dengan beragam cara. Setiap orang, kelompok, atau instansi tertentu berusaha untuk menemukan sebuah solusi terbaik untuk mengurangi sampah yang semakin lama semakin menumpuk tersebut. berkat usaha yang dilakukan, sekarang sudah ada sebuah aplikasi untuk buang sampah yang menarik banyak minat. Aplikasi tersebut adalah e-Recycle.

Mengenal Aplikasi e-Recycle, Aplikasi Buang Sampah Dapat Uang

aplikasi e-recycle ubah sampah jadi donasi‚Äč

MIS Group memperkenalkan startup yang memberikan layanan berupa pengelolaan sampah. Startup tersebut diberi nama e-Recycle. Berdasarkan penjelasan dari CEO di MDB atau Multi Inti Digital Bisis, Subhan Novianda menjelaskan bahwa e-Recycle merupakan sebuah layanan terintegrasi dan bersifat end to end. Selain itu, layanan e-Recycle merupakan sebuah aplikasi berbasis Android.

Jadi kamu bisa mengakses e-Recycle melalui smartphone. Apa yang dilakukan oleh MIS Group tersebut merupakan sebuah solusi untuk membantu mengurangi limbah sampah. Hadirnya aplikasi e-Recycle memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh keluarga, terutama ibu rumah tanggal.

Para ibu rumah tangga yang biasanya mengumpulkan sampah plastik, melalui aplikasi e-Recycle mereka bisa menukar sampah dengan uang. Ibaratnya seperti kamu sedang menjual barang-barang yang tidak kamu gunakan alias barang bekas. Hadirnya layanan ini merupakan sebuah bentuk perhatian dari perusahaan terhadap kondisi sampah plastik di Indonesia yang semakin banyak dan tak terkendali.

Apalagi Indonesia merupakan sebuah negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua setelah Tiongkok. Adapun untuk volume sampah yang ada di Indonesia kurang lebih mencapai 64 juta ton setiap tahun. Sebuah angka yang sangat besar dan kamu mungkin tidak bisa membayangkan sebanyak apa sampah tersebut karena jumlahnya yang tidak masuk akal.

Selain itu, 3,2 juta ton sampah tersebut dibuang ke laut dan kondisi ini berpotensi mengakibatkan kerusakan lingkungan. Mereka yang dirugikan dari tindakan ini bukan hanya manusia melainkan berbagai hewan yang merasa habitatnya terancam karena pembuangan sampah yang sembarangan.

Kamu sekarang bisa mengunduh e-Recycle melalui Play Store. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut secara gratis dan tidak akan dipungut biaya apa pun. Melalui aplikasi inilah kamu juga akan mengetahui bahwa ternyata ada banyak macam-macam plastik yang mungkin belum kamu ketahui.

Kamu cukup menggunakan barcode dan bisa langsung memindai sampah-sampah tersebut. Sementara itu, proses pengelolaan sampah tersebut nanti akan dimulai pengumpulan sampah plastik. Setelah sampah berhasil terkumpul, maka petugas e-Recycle akan datang ke rumahmu. Petugas tersebut kemudian akan mengangkut sampah yang berhasil kamu kumpulkan untuk kemudian dibawa menuju fasilitas pengelolaan.

Fasilitas inilah yang nanti akan mengelolah sampah tersebut menjadi sesuatu yang berguna. Inovasi seperti ini adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan. Semua pihak juga harus mengapresiasinya karena jarang ada yang orang peduli terhadap sampah di era yang serba maju ini.

Apa yang Kamu Dapat dari e-Recycle?

Sebelum petugas e-Recycle datang, para pengguna diharapkan bisa membedakan atau menyortir sampah-sampah plastik tersebut dengan berdasarkan jenisnya. Setelah itu sampah yang diterima akan ditimbang dan dihitung menyesuaikan jenis sampah plastik yang berhasil kamu kumpulkan. Mungkin kamu bertanya-tanya berapa imbalan yang kamu dapatkan ketika menukarkan sampah plastik?

Untuk setiap kilogram dari sampah tersebut sebenarnya memiliki nilai yang beragam. Ada yang bernilai Rp 200 sampai dengan Rp 2.450. Setelah dihitung akan terlihat berapa banyak uang yang kamu dapatkan. Kamu bisa memilih untuk menarik uangnya atau mendonasikannya.

Kemudian untuk hasil pengelolaan sampah tersebut merupakan barang jadi yang terbuat dari bahan plastik. Bahan jadi inilah yang nanti akan dipasarkan melalui rantai ritel. Namun berdasarkan informasi yang beredar, e-Recycle masih melayani wilayah Jabodatabek. Kita harapkan bahwa aplikasi e-Recycle semakin menjangkau banyak daerah lainnya dan akan semakin banyak orang yang sadar untuk tidak sembarangan membuang sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *